ISO 27001 – Manajemen Keamanan Informasi

Informasi merupakan asset tak berwujud fisik namun sangat penting bagi organisasi karena mampu menunjang operasional perusahaan dalam kegiatannya. Penguasaan informasi dapat menjadi andalan utama ketika menghadapi persaingan bisnis pada era digital ini. Semakin mudahnya informasi diperoleh maka banyak juga risiko yang dihadapi ketika organisasi menggunakan asset tak berwujud ini antara lain risiko informasi diketahui oleh pihak yang tidak memiliki kepentingan meskipun organiasi telah menyimpan informasi serahasia mungkin, risiko mengenai jaminan kerahasiaan informasi hasil penilaian dan proses-prosesnya.

Meninjau beberapa permasalahan diatas maka Pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menetapkan sebuah Peraturan Menteri Nomor 4 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi Pasal 7 Nomor (1), dimana Penyelenggara Sistem Elektronik yang menyelenggarakan Sistem Elektronik strategis dan Sistem Elektronik tinggi harus menerapkan standar SNI ISO/IEC 27001 dan ketentuan pengamanan yang ditetapkan oleh Instansi Pengawas dan Pengatur Sektornya.

ISO 27001 Sistem manajemen keamanan informasi – Information Security Management Systems (ISMS) adalah standar Internasional dalam menerapkan sistem manajemen kemanan informasi.

Sistem manajemen keamanan informasi (ISMS) merupakan seperangkat unsur yang saling terkait dengan organisasi atau perusahaan yang digunakan untuk mengelola dan mengendalikan risiko keamanan informasi dan untuk melindungi serta menjaga kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity) dan ketersediaan (availability) informasi. PT. QIMS sebagai perusahaan konsultansi yang memiliki pengalaman dalam konsultansi bidang teknologi informasi siap membantu perusahaan dan organisasi anda dalam menerapkan ISO 27001 – Sistem Manajemen Layanan Keamanan Informasi dengan mengintegrasikannya dengan sistem manajemen organisasi anda. Sehingga penerapan standar ini diharapkan organisasi dan perusahaan dapat membangun kesadaran terhadap pengelolaan intangible assets ini secara menyeluruh dengan meningkatnya secara berkesinambungan.

Butuh Bantuan?