Apa itu ISO 9001:2015 ?

Posted by Tengku Firmanda In: Artikel No comments

Salam semangat Partner QIMS,

Partner QIMS udah tau belum sih apa itu ISO 9001? dan apa sih dampaknya kalau diterapin di perusahaan/oraganisasi partner QIMS?.

Sebelum kita kenal lebih lanjut tentang ISO 9001, minqim akan kenalin dulu apa itu ISO ?
Nah ISO itu sendiri adalah Internasional untuk Standardisasi (International Organization for Standardization) dan disingkat ISO. Jadi sebelum menjadi nama ISO pada awalnya lembaga itu bernama IOS. Tetapi sekarang lebih sering menggunakan singkatan ISO.

jadi Lembaga ISO didirikan pada 23 Februari 1947, Lembaga ISO juga menetapkan standar – standar industrial dan komersial dunia. dalam menetapkan suatu standar tersebut mereka mengundang wakil anggotanya dari 130 negara untuk bersama-sama membahas standarisasi dalam Komite Teknis (TC), Sub Komite (SC) dan Kelompok Kerja (WG).

Meskipun ISO adalah organisasi non-pemerintah, tetapi pengaruhnya untuk menetapkan standart yang sering menjadi hukum melalui persetujan atau standar nasional membuatnya lebih berpengaruh dari pada kebanyakan organisasi non-pemerintah lainnya.

Dalam prakteknya ISO menjadi konsorsium dengan hubungan yang kuat dengan pihak – pihak pemerintah. Peserta ISO termasuk satu badan standar nasional dari setiap negara dan perusahaan – perusahaan besar.

ISO juga bekerja sama dengan Komisi Elektroteknik Internasional (IEC) yang bertanggung jawab terhadap standardisasi peralatan elektronik.

Penerapan ISO di suatu perusahaan berguna untuk:

  1. Meningkatkan citra perusahaan
  2. Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan
  3. Meningkatkan efisiensi kegiatan
  4. Memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan (plan, do, check, act)
  5. Meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan
  6. Mengurangi risiko usaha
  7. Meningkatkan daya saing
  8. Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan
  9. Mendapat kepercayaan dari konsumen/mitra kerja/pemodal

ISO 9001
ISO 9001 adalah standar internasioanl yang diakui untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM). SMM menyediakan kerangka kerja bagi perusahaan dan seperangkat prinsip-prinsip dasar dengan pendekatan manajemen secara nyata dalam aktifitas rutin perusahaan untuk terciptanya konsistensi mencapai kepuasan pelanggan.

nah jadi apasih Manfaat ISO 9001 ?

  1. Kepuasan pelanggan dengan penyampaian produk secara konsisten dalam memenuhi persyaratan-persyaratan pelangga.
  2. Mengurangi biaya operasional – dengan peningkatan berkesinambungan pada proses-proses dan hasil dari efisiensi operasiona.
  3. Peningkatan hubungan pada pemegang kepentingan – termasuk para staf, pelanggan dan pemasok
  4. Persyaratan kepatuhan hukum – dengan pemahaman bagaimana persyaratan suatu peraturan dan perundang-undangan tersebut mempunyai pengaruh tertentu pada suatu organisasi dan para pelanggan anda.
  5. Peningkatan terhadap pengendalian manajemen resiko – dengan konsistensi secara terus-menerus dan adanya mampu telusur suatu produk dan pelayana.
  6. Tercapainya kepercayaan masyarakat terhadap bisnis yang dijalankan – dibuktikan dengan adanya verifikasi pihak ketiga yang independen pada standar yang diakui.
  7. Kemampuan untuk mendapatkan lebih banyak bisnis – khususnya pemenuhan spesifikasi-spesifikasi pengadaan yang membutuhkan sertifikasi sebagai suatu persyaratan untuk melakukan suplai barang dan jasa.

Terus Bagaiamana Cara Pendaftaran Sertifikasi ISO 9001 ?
Proses registrasi berikut dengan tiga langkah sederhana:

  1. Aplikasi permohonan pendaftaran dilakukan dengan melengkapi kuestioner SMM
  2. Asesmen terhadap ISO 9001 yang dilakukan oleh satu badan sertifikasi – dimana suatu organisasi haruslah dapat menunjukkan bahwa manajemen mutu yang dilakukannya telah benar-benar berjalan secara minimal dalam jangka waktu tiga bulan sesuai seluruh urutan (siklus) dari audit internal
  3. Permohonan pendaftaran disetujui oleh satu badan sertifikasi, berikut tahapan selanjutnya harus dilakukan oleh klien. Program 6 bulanan atau 12 bulanan (tahunan) kunjungan audit pengawasan (surveilans) haruslah benar-benar dilaksanakan serta proses sertifikasi ulang setelah tiga tahun masa berlakunya sertifikasi ISO 9001 tersebut.(sumber OSHA)

Apakah perusahaan/organisasi partner QIMS siap untuk sertifikasi ? yuk hubungi minqim klik di WA tersedia yang ada di halaman website.

0 Likes

Comments: 0

There are not comments on this post yet. Be the first one!

Leave a comment

Butuh Bantuan?