Headline News :
News >> PT. QIMS Intrasindo Berhasil Bawa UMM USU Raih Sertifikat ISO 9001:2015 dengan Nihil Temuan

PT. QIMS Intrasindo Berhasil Bawa UMM USU Raih Sertifikat ISO 9001:2015 dengan Nihil Temuan

Unit Manajemen Mutu (UMM) Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, berhasil meraih Sertifikat ISO 9001:2015 dengan capaian istimewa yakni ZERO FINDING atau nihil temuan. Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Managing Director British Standards Institution (BSI),  Yuan Bambang Handayana kepada Rektor USU, Prof. Dr. Runtung Sitepu, SH,MHum, di Ruang Rapat Senat Akademik, Lt. 3, Biro Rektor USU, Medan, Selasa, 06 Februari 2018.

 

Achmad Tirmizi Hutasuhut, ST, MM, Presiden Direktur PT. QIMS Intrasindo, dalam sambutannya menjelaskan bahwa UMM USU telah menunjukkan komitmen yang tinggi selama proses pembangunan Sistem Manajemen Mutu berlangsung. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya sertifikat ISO 9001:2015 dengan zero finding atau nihil temuan. Nihil Temuan maksudnya adalah ketika Badan Sertifikasi melakukan proses audit eksternal, yang dilakukan untuk menilai apakah UMM USU layak memiliki sertifikat ISO atau tidak, dan dilakukan oleh Badan Sertifikasi BSI Jakarta, tidak  ditemukan adanya ketidaksesuaian antara implementasi Sistem Manajemen Mutu dengan persyaratan-persyaratan yang tercantum pada klausul-klausul ISO 9001:2015. Hal ini merupakan prestasi istimewa karena jarang terjadi pada klien-klien QIMS ataupun organisasi yang diaudit oleh BSI selaku Badan Sertifikasi, lanjut Tirmizi dalam sambutannya. Selanjutnya Presiden Direktur PT. QIMS Intrasindo tersebut mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kepercayaan USU, khususnya pihak UMM yang telah memberikan kepercayaan kepada PT. QIMS sebagai Konsultan pendamping. Dalam kesempatan tersebut, Tirmizi juga memberikan masukan bahwa untuk selanjutnya UMM USU perlu lebih memantapkan konsep yang disebutnya sebagai 3S, Strategi, Sistem, dan SDM. Untuk Strategi, UMM perlu mempertajam Sasaran strategis dalam mencapai sasaran-sasaran  yang telah disusun dalam usaha mewujudkan output yang berkualitas tinggi dalam lingkup Tri Darma Perguruan Tinggi. Untuk Sistem, Tirmizi menjelaskan perlunya UMM USU melakukan sinkronisasi dengan pencapaian Gugus Jaminan Mutu (GJM), dan Gugus Kendali Mutu (GKM) agar tercapai efektifitas dan efisiensi dan peningkatan mutu Tri Darma Perguruan Tinggi. Di Bidang SDM, UMM USU diusulkan untuk menjadi sebuah lembaga dengan menempatkan para aparatur yang lebih fokus dalam membangun dan memonitor implementasi dari Sistem Manajemen Mutu.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Managing Director BSI, Yuan Bambang Handayana. Dalam sambutannya Yuan mengatakan capaian yang diraih oleh UMM ini termasuk hal yang istimewa dan luar biasa karena hasil audit yang nihil temuan (zero finding). Ia menambahkan, BSI merupakan Badan Sertifikasi terbesar di dunia dan telah menghasilkan 70 ribu standar yang menjadi best practice dan bisa diadopsi. ISO merupakan stardar internasional yang efektif dalam usaha percepatan pencapaian tujuan organisasi. Beliau juga menekankan perlunya komitmen dan pembiasaan dari para aparatur agar menjadi terbiasa dalam mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 ini.

Sebelumnya, Ketua UMM USU, Dr. Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri, mengucapkankan terima kasihnya kepada semua pihak, terutama pihak Rektorat dan PT. QIMS yang telah mendampingi UMM dalam membangun Sistem Manajemen Mutu dan meraihnya dengan predikat Nihil Temuan. Konsultasi dan arahan yang diberikan oleh pihak  PT. QIMS membuat kami lebih siap menghadapi proses sertifikasi ini dan untuk itu kami mengucapkan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya, ujar Ikhwansyah Isranuri dalam sambutannya.

Selanjutnya, Rektor USU, Prof. Dr. Runtung Sitepu, SH, MHum, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada UMM USU atas raihan Sertifikat ISO 9001:2015 ini, dan ucapan terima kasih dan Penghargaan yang tinggi kepada PT. QIMS yang telah mendampingi dan memberikan arahan selama proses sertifikasi berlangsung. Rektor menekankan agar implementasi dari SMM yang sudah dibangun ini dilakukan dengan penuh komitmen dan konsisten sehingga dihari-hari mendatang UMM mampu menjaga dan meningkatkan kualitas dan mutu kelulusan mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Akhirnya Rektor mengharapkan sertifikat ini membuat UMM lebih bersemangat lagi menjalankan program-programnya untuk membangun USU menuju World Class University.

Acara penyerahan sertifikat ISO 9001:2015, yang dihadiri juga oleh Para Wakil Rektor, Para Dekan, Kepala Biro dan Undangan lainnya, diakhiri dengan penyerahan cendera mata dari PT. QIMS Intrasindo dan BSI kepada Rektor USU dan foto bersama (BiJe)

Baca Informasi Lainnya

Scroll to Top